10 Handheld Gaming Terbaik 2023 dan Juga Bikin Nostalgia

Handheld Terbaik – Video game menjadi salah satu hal bagi kalangan gamer yang ingin mencari hiburan atau sekedar melepas stress. Berbagai tajuk game tersedia untukmu, dan biasanya tersedia di berbagai platform seperti konsol atau PC.

Meski begitu, banyak gamer yang sedikit kesulitan untuk bermain karena harus menggunakan monitor atau TV besar, sehingga sulit untuk dibawa bepergian. Untuk itu, handheld gaming menjadi jawaban bagi mereka yang ingin bermain kapanpun dan di manapun.

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan pendapat Penulis dari sekian banyak platform handheld terbaik yang paling berkesan dan populer dikalangan gamer.

Daftar isi

Handheld Gaming Terbaik 2023

Berikut ini handheld gaming yang bisa dicoba di tahun 2023 versi Gamebrott:

1. Game Boy

Handheld gaming terbaik yang pertama dibuka dengan game pocket analog. Ia dikhususkan bagi kamu yang menyukai game – game retro tahun 80-90an yang masih ngetren hingga saat ini.

Game lama di Game Boy, Game Boy Color, dan Game Boy Advance bisa kamu mainkan dengan memasukkan cartridge ke handheld. Tak hanya itu, jika kamu punya adaptor, kamu bisa memainkan game Atari, Game Gear, dan game lama lainnya.

Meski berukuran kecil dan pas di kantong, handheld ini tidak mendukung ROM, jadi ini hanya dapat dibeli jika kamu memiliki koleksi game jadul yang cukup banyak.

2. Nokia N-Gage

Siapa sih yang tak kenal dengan yang satu ini? N-Gage, baik versi biasa dan versi QD merupakan salah satu gadget populer di tahun 2003 hingga 2006.

N-Gage menyediakan versi dari Game Boy Advance yang digabungkan dengan fungsi telepon serta SMS. Ada berbagai macam game yang dapat dimainkan di ponsel ini, termasuk The Sims Bustin Out yang ngetren di zaman itu.

Meski bisa bermain game, ponsel ini kurang disukai oleh gamer karena fungsi tombolnya tidak cocok untuk bermain game. Dan di tahun 2004, versi QD pun muncul. Tapi karena masalah desainnya, ponsel ini dikritik oleh masyarakat dan hanya terjual 2 juta unit dalam 2 tahun.

Hingga akhirnya di bulan Februari 2006, N-Gage secara resmi dihentikan produksinya dan kemampuan bermain gamenya dipindahkan ke seri 60 tertentu. Meski begitu, N-Gage adalah rekomendasi bagimu yang ingin memainkan game jadul yang jaya di masanya.

3. PlayStation Vita

Handheld gaming terbaik yang dapat menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Playstation Vita. Ia merupakan platform yang dikembangkan oleh Sony sebagai media untuk dapat bermain game di mana saja dan kapan saja.

PS Vita (singkatan dari Playstation Vita) menghadirkan beragam game yang cukup digandrungi oleh kalangan gamer, khususnya penggemar jejepangan. Game seperti God Eater, Persona 4 Golden.dan lainnya dapat kalian mainkan lewat “PSP 2” ini.

Walau banyak jenis game bisa dimainkan, PS Vita dinilai kurang populer di kalangan gamer. Ini dikarenakan ia dirilis dengan Memory Card yang mahal dan membuat harganya melambung, diperparah dengan tingginya penjualan Nintendo 3DS membuat handheld ini menjadi niche, alias hanya mampu dibeli kalangan tertentu.

Meski begitu, handheld ini tetap bisa menjadi andalan bagi kalian yang ingin bermain game untuk melepas penat.

4. Nintendo DS

Nintendo DS adalah salah satu handheld gaming yang cukup unik karena dapat dilipat seperti dompet. DS sendiri adalah singkatan dari “Dual Screen”, di mana ia mempunyai dua layar untuk menambah pengalaman bermain yang seru.

Seperti namanya, konsol portabel ini dikembangkan oleh Nintendo dan masih menjadi salah satu yang digandrungi gamer hingga saat ini. Ada bermacam game yang dapat kamu mainkan di platform ini., seperti New Super Mario Bros, Pokemon Dash, Spider Man 2.dan banyak lagi.

Alasan mengapa konsol ini masih populer karena tampilan layar terasa lebih enjoy saat dimainkan. Selain itu, fitur – fitur yang ada di konsol dapat membuat developer game mengembangkan ide agar dapat dimasukkan ke dalam game agar pengalaman bermain semakin seru.

5. PlayStation Portable

Playstation Portable adalah salah satu handheld gaming terbaik yang masih digandrungi gamer hingga saat ini. Platform ini dikembangkan oleh Sony dan mempunyai beragam game yang dapat dinikmati oleh kalangan gamer.

Tak hanya bermain game saja, perangkat ini juga dapat membuat kalian dapat memutar musik dan film serta dapat menampilkan foto digital. Selain itu, PSP (singkatan dari Playstation Portable) merupakan konsol game pertama yang menggunakan Universal Media Disc (UMD) sebagai media penyimpanan.

Selain itu, PSP juga mendukung Memory Stick (Duo dan Pro Duo), jaringan LAN, baterai yang dapat diisi ulang, LCD dengan layar yang lebar, serta fitur internet agar kamu dapat berselancar di dunia maya dengan lancar.

6. Nintendo 3DS

Selanjutnya adalah Nintendo 3DS. Handheld gaming ini masih populer di kalangan gamer dan menjadi salah satu kompetitor dari PS Vita.

Dikembangkan oleh Nintendo, handheld ini menyediakan fitur yang cukup menonjol. Ia adalah efek 3D stereoskopis di mana kalian tidak perlu menggunakan kacamata 3D atau aksesoris tambahan.

Selain itu, hadir pula fitur tag StreetPass dan SportPass yang didukung oleh Nintendo Network AR (Augmented Reality) dengan kamera 3D, serta Virtual Console yang memungkinan pemiliknya dapat mengunduh dan memainkan game – game jadul. Inilah yang membuat ia tetap digandrungi hingga sekarang.

7. Lenovo Legion GO

Lenovo Legion GO juga bisa menjadi rekomendasi untukmu yang ingin memiliki handheld gaming terbaik. Ia merupakan handheld terbaru yang diproduksi oleh Lenovo untuk gamer yang ingin bermain game di manapun dan kapanpun.

Spesifikasi untuk handheld ini juga tidak main – main lho, Brott! Ia menggunakan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme, layar 8.8” QHD IPS 144Hz, serta baterai kontroler 900mAh dengan pengisian daya menggunakan USB-C 65W.

Di luar spesifikasi teknis, handheld ini diketahui akan gunakan Windows 11 sebagai sistem operasi. Ini cocok bagi kalian yang ingin bermain game AAA atau ringan saat berada di luar rumah.

8. Asus ROG Ally

Asus ROG Ally menjadi salah satu handheld gaming console selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi. Ia dapat menjadi alternatif buat kamu yang ingin bermain game PC di manapun dan kapanpun.

Dengan layar 120Hz, kamu dapat merasakan pengalaman bermain game AAA di genggaman. Ia juga mendukung sistem operasi Windows yang memudahkanmu untuk mengakses game via PC.

Meski harganya cukup mahal, handheld ini cukup cocok bagi kamu yang ingin bermain game AAA tanpa perlu membawa PC dan monitor lagi.

9. Nintendo Switch/Nintendo Switch Lite

Siapa sih yang tak kenal dengan handheld gaming console satu ini? Yup, ialah Nintendo Switch yang jadi salah satu gaming portabel ngetren tahun ini.

Handheld satu ini dapat kamu mainkan baik digital (menggunakan Micro SD) maupun game fisik. Desainnya juga cukup bagus, di mana kamu dapat mencopot Joy-Con, menghubungkannya ke layar TV atau monitor, dan kamu dapat bermain Co-op bersama teman.

Switch hadir dalam dua versi. Pertama adalah versi standar, dan kedua versi Lite. Keduanya dapat kamu sesuaikan dengan kantong masing – masing.

10. Steam Deck

Rekomendasi handheld console ini ditutup dengan Valve Steam Deck. Ia menggunakan Steam OS, di mana sistem operasi ini cukup nyaman untuk durasi permainan lama serta UI yang dapat disesuaikan sesuai keinginanmu.

Steam Deck sendiri juga memiliki dua analog di kedua sisi layar sentuh berukuran tujuh inci. Selain itu, terdapat pula tombol A, B, X, Y dan dua trackpad. Handheld ini juga dapat kalian koneksikan ke TV atau monitor jika ingin merasakan pengalaman bermain game lebih seru.

Kelemahannya handheld ini adalah beberapa game tidak bisa playable di luar Steam sendiri. Meski begitu, Steam Deck cocok bagi kalian yang ingin bermain game di manapun dan kapanpun.

Nah, itulah dia 10 handheld console terbaik yang jadi rekomendasi untukmu di tahun 2023. Jangan lupa untuk selalu update berita seputar video game dan teknologi hanya di Gamebrott. Adios~

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Luckycla. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.