Di BNI Sirnas, Ayah Marcus Gideon Bahas Karier Putranya

Di ajang BNI Sirkuit Nasional A DKI Jakarta 2023, Kurniahu yang merupakan ayah pebulutangkis top Indonesia Marcus Fernaldi Gideon membahas karier putranya, yang kini bersiap tampil dengan pasangan baru.

Marcus Gideon direncanakan bakal tampil di turnamen internasional BWF di India akhir tahun. Tidak lagi bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo, tapi dengan pasangan baru.

Seperti yang disampaikan pelatih ganda putra Aryono Miranat, Marcus bakal turun di turnamen BWF itu dengan rekan duetnya yakni pemain muda Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

Tercatat, ada dua turnamen di India yang masuk dalam kalender BWF ialah Yonex-Sunrise Guwahati Masters, di Guwahati, Assam, 5-10 Desember, dan Yonex-Sunrise Odisha Masters 2023 di Cuttack, Odisha, yang bergulir pada pekan berikutnya.

Baca juga: Ketum PBSI: Penyelenggaraan BNI Sirnas 2023 Bagus dan Sukses

“Memang enggak gampang juga. Jadi kemarin sebelum dia memutuskan akan main lagi atau enggak main (sempat bicara). ‘Pah, aduh berhenti saja?’ tapi saya katakan, ‘Coba dulu, kamu kan masih muda, 32 tahun itu masih bisa lah. Kita coba, ya coba dulu bagaimana. Mesti operasi, kan dulu kiri sekarang kanan,” kata Kurniahu saat berbincang-bincang dengan detikSport, di sela-sela perhelatan BNI Sirnas A DKI Jakarta 2023, di GOR UNJ, Jakarta.

Diakui Kurniahu, yang mendirikan klub Indihome Gideon Badminton Academy bersama Marcus Gideon, persoalan tumbuh tulang muda pada tumit kedua kaki putranya itu memang sudah terpantau lebih dulu. Tapi ia tak berani memutuskan operasi karena butuh waktu pemulihan yang lama.

“Memang dari dulu itu kita sudah tahu memang ada tumbuh tulang. Ya, akhirnya (Marcus) diskusi dengan Prof Dr. Nicolaas (C. Budhiparama), dan profesor yang ada di Portugal. Di sana-lah sudah bisa dibawa jalan. Kemudian dioperasi lagi yang kanan,” ujarnya.

“Setelah operasi itu saat dibawa main tepok-tepok di GOR bersama anak-anak kecil Margus sudah merasa tak sakit lagi. Akhirnya diputuskan ke PBSI. Main lagi, enggak tahu bagaimana ceritanya pelatih PBSI, Marcus dipasangkan dengan pemain muda. Namanya komandan kasih perintah pasukan ya siap terus. Ya oke siap. Akhirnya diputuskan Desember (Marcus main) di India.”

Baca juga: Pasangan Marcus Gideon/Rayhan Debut di India Akhir Tahun Ini

Optimistis Marcus bisa unjuk gigi lagi

Kurniahu, yang di BNI Sirnas A Jakarta 2023 ini menemani para pemain Indihome Gideon Badminton Academy beraksi di dalam sejumlah pertandingan, menegaskan mendukung penuh apapun yang putranya lakukan. Ia pun meyakini Marcus masih dapat terus bersaing dan unjuk gigi di kancah bulutangkis internasional.

“Sebagai orang tua tentu kita support-lah. Enggak bisa protes, enggak bisa (terkait Marcus dipasangkan dengan pemain muda). Itu kan wewenang di sana (PBSI). Ya biasa anak muda (pasangan) masih ceroboh. Ya dibimbing saja. ‘Kamu pensiun, dia naik nanti’,” tuturnya.

“(Optimistis) masih terus bisa bersaing. Semua kan tergantung dia. (Marcus Gideon). Kami sebagai orang tua hanya kasih masukan, gambaran, lawan mainnya ini-ini. Saya kira masih bisa. Saya cuma katakan, ‘yang main kan kamu, bukan bapak’. Kalau latihan tak perlu diragukan lagi. Marcus semangat sekali dan saya anggap dia luar biasa,” Kurniahu menandaskan.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

Saksikan Video ‘BNI Sirnas DKI Jakarta Digelar di UNJ, Pedagang Ikut Cuan’:

[Gambas:Video 20detik]

(mcy/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Luckycla. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.