Coach Usa Harap AXIS Nation Cup 2024 Munculkan Bibit Muda Berbakat

Turnamen futsal AXIS Nation Cup 2024 menjadi semangat baru talenta muda di Malang Raya untuk menunjukkan kemampuan mereka berlaga di tengah lapangan. Setiap tim beradu strategi untuk memperebutkan juara mewakili Malang di ajang berikutnya.

AXIS Nation Cup 2024 digelar di SM Futsal, Sudimoro, Kota Malang sejak 4-6 September, kejuaran futsal bergengsi ini diikuti 40 tim SMA sederajat di Malang Raya. AXIS Nation Cup dinilai sebagai jawaban dari kompetisi usia muda di Indonesia.

“AXIS Nation Cup 2024 adalah jawaban dari kompetisi usia muda yang ada di Indonesia, khususnya di Malang Raya. Terutama dengan adanya AXIS Nation Cup 2024, pelajar ataupun sekolah jadi sering berlatih untuk ingin menjadi juara,” ungkap Coach Usa Laksono dari Unggul FC.

Sebagai orang berkecimpung dalam dunia futsal profesional, tentunya Usa sangat mengharapkan ajang AXIS Nation Cup 2024 mampu mencetak bibit-bibit muda berbakat yang nantinya dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Dengan AXIS Nation Cup, jadi ajang sekuting bagi kita di tingkat kota maupun Jawa Timur dalam mencari bibit muda berbakat di Malang Raya. Tentu kami juga mengharapkan AXIS Nation Cup bisa hadir dan bergulir setiap tahun,” harap Usa.

Baca juga: Semangat Talenta Muda Bandung di Ajang AXIS Nation Cup 2024

Karena Usa meyakini, Malang Raya memiliki segudang anak muda berbakat dan memiliki potensi menjadi pemain hebat.

“Saya yakin sekali, banyak pemain muda di Malang Raya khususnya berbakat dan memiliki potensi,” tegasnya.

Usa turut berpesan untuk para pemain yang tengah bertanding di AXIS Nation Cup 2024 bahwa untuk menjadi pemain hebat perlu kerja keras, berani untuk berkorban waktu dan tenaga. Bukan hanya bisa mengandalkan bakat dan potensi yang dimiliki.

“Saya yakin sekali, banyak pemain muda di Malang Raya khususnya berbakat dan memiliki potensi. Sekali lagi untuk menjadi pemain hebat bukan hanya berbakat atau hanya potensial saja tetapi harus berkorban demi waktu dan tenaga, terutama di usia muda pasti banyak membutuhkan semangat terutama dan latihan,” tuturnya.

Usa juga membeberkan kunci sukses seorang pemain yaitu tidak lelah untuk berlatih demi membentuk dan melatih teknik dan taktik yang dibutuhkan pelatih. Menurut Usa, seorang pemenang akan berpikir bagaimana caranya untuk berlatih.

“Selalu berlatih, semangat, dengan latihan akan berbentuk teknik dan taktik yang dibutuhkan pelatih, dan jangan pernah malas untuk berlatih. Karena hanya pemalas yang memikirkan untuk menjadi pemenang, dan pemenang gimana berpikir bagaimana caranya untuk bisa berlatih,” ungkapnya.

AXIS Nation Cup 2024 juga melibatkan peserta dari 1.650 SMA/SMK sederajat yang tersebar di 40 kota seluruh Indonesia. Ajang ini bukan mempromosikan olahraga futsal, melainkan juga menginspirasi generasi muda untuk mendapatkan peluang yang lebih baik dalam dunia olahraga.

Baca juga: Pesan Semangat Sabreena Bagi Insan Sepakbola di Bandung

Ajang ini juga menyedot animo cukup besar dari suporter masing-masing untuk memberikan dukungan secara langsung di tepi lapangan. Chant tak hentinya dikumandangkan suporter disertai koreo apik dalam mengobarkan semangat tim saat berlaga.

AXIS Nation Cup 2024 yang digelar di Malang mempertontonkan kekuatan tim yang bertanding nyaris seimbang. Sejumlah laga berlangsung sengit dan cukup alot bagi tim untuk bisa memenangkan pertandingan, sehingga hampir 10 pertandingan sejak hari pertama hingga kedua harus diselesaikan dengan adu pinalti, karena skor pertandingan berakhir imbang.

Dari sekian banyak tim, SMA Negeri 2 Kota Batu merupakan tim yang paling diunggulkan. Sebagai juara bertahan, mereka harus berjuang keras untuk mempertahankan dan mewakili Malang di ajang berikutnya.

Latihan pun digenjot tiga kali dalam sepekan. Selain mengikuti kompetisi futsal lainnya.

“Kesiapannya tentu latihan di perbanyak tiga kali sebelum turnamen ini dan persiapan banyak ikut turnamen sebelum AXIS Nation Cup ini,” ujar Pelatih tim futsal SMA Negeri 2 Kota Batu, Mario Teguh.

Mario mengaku dirinya tak henti memotivasi tim, agar bisa berjuang mengulang kesuksesan menjuarai AXIS Nation Cup 2023 lalu.

“Intinya kita kasih motivasi lebih untuk bisa mengulang seperti tahun lalu. Untuk persiapan istirahat, menjaga stamina untuk menghadapi pertandingan berikutnya,” akunya.

Baca juga: Keseruan dan Harapan Atlet hingga Suporter di AXIS Nation Cup 2024

Sebagai salah satu turnamen futsal terbesar di Indonesia, AXIS Nation Cup 2024 menawarkan hadiah total sebesar Rp 870 juta, mencakup penghargaan untuk tim juara serta suporter terbaik. Bagi tim putra, juara 1 akan mendapatkan Rp 6 juta, sedangkan juara 2 mendapatkan Rp 3 juta.

Di kategori putri, juara 1 berhak mendapatkan hadiah Rp 3 juta dan juara 2 mendapatkan Rp 2 juta. Selain itu, hadiah juga disediakan untuk suporter terheboh, yang dapat membawa pulang Rp 2,5 juta hanya di regional.

Digital & Conventional Promotion XL Axiata Greater Malang, Tantrayana Wardah mengatakan, AXIS Nation Cup hadir untuk memberikan wadah bagi generasi muda dalam kompetisi futsal. Malang menjadi salah satu dari 40 kota di Indonesia yang dipilih disebut memiliki alasan kuat.

“Karena Malang terkenal dengan olahraga sepakbolanya, jadi kebetulan di Malang kita sudah tahun kedua. Futsal identik dengan anak SMA,” ujar Tantrayana.

Menurut dia, ada tiga babak dalam gelaran AXIS Nation Cup, pertama adalah Pre Eleminary match. Nantinya sang juara akan mewakili Malang maju di babak regional match, yang rencana digelar di Bali seperti tahun sebelumnya.

“Baru Grand Final di Jakarta. Tahun kemarin SMA Negeri 2 Kota Batu juara dan mewakili Malang di regional match,” tutur.

Bukan hanya futsal, AXIS Nation Cup juga menilai kreatifitas suporter dan dancer dari masing-masing sekolah. Terdapat pula booth AXIS di GOR Unesa memberikan banyak promosi bagi tim futsal atau suporter.

(anl/ega)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Luckycla. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.